Featured

Akhir Pekan adalah Waktu Favorit Malaikat Maut!

Oleh: Sukasah Syahdan
Jurnal Kebebasan: Akal dan Kehendak
Vol. II, Edisi 32, Tanggal 02 Juni 2008

(In Memoriam SH (?? – 31 Mei 2008) dan DS (6 Feb. 1976 – 1 Juni 2008))

alt textMalaikat pencabut nyawa; Wikipedia.com

Seorang profesor ternama di negeri ini pernah mengatakan, Revolusi Indonesia berhenti hari Minggu. Sejak lama, saya selalu ingin bilang: Akhir pekan adalah waktu favorit bagi malaikat maut. Kematian berpeluang besar terjadi di akhir pekan sebab kebanyakan dokter pada pergi liburan.

Kondisi di kota-kota lain di Indonesia, tidak dapat saya katakan.

Tapi kalau Anda tinggal di Jakarta, dan harus menderita sakit serius yang perlu bantuan dokter, dan Anda tergolong beruntung mampu bayar segalapengobatannya, itu belum cukup: Saran saya, usahakan untuk tidak sakit di akhir pekan!

Di akhir pekan biasanya cuma ada cuma dokter jaga. Dokter-dokter spesialis pada libur dan umumnya tidak bersedia diganggu sampai datangnya hari kerja. Dari pengalaman mengantar sanak-saudara ke beberapa rumah sakit dalam beberapa tahun belakangan, saya dapat menyimpulkan demikian. Dua hari Sabtu terakhir ini memberi saya dua buktinya berturut-turut.

Ini sekadar dugaan. Tapi firasat saya kuat mengatakan, prevalensi kematian di hari Sabtu, Minggu dan Senin di kota ini pasti lebih tinggi dibandingkan hari-hari lain. Apakah ada peneliti di bidang ini mungkin yang pernah mengkaji tren kematian di negeri ini?

Kedokteran memang cuma satu dari sekian banyak profesi. Dia tergolong profesi tua, khusus, dan diakui sebagai satu profesi paling esensial bagi kemanusiaan. Sejumlah cabang ilmu kedokteran menawarkan keahlian profesional yang amat khusus dalam arti bahwa pemberian pelayanannya bersentuhan langsung dengan terselamatkannya atau melayangnya jiwa pasien.Untuk profesi sub-kedokteran tertentu yang dapat menentukan hidup-mati seseorang, kiranya profesi ini tidak dapat diisi oleh sembarang orang, oleh sembarang dokter sekalipun. Diperlukan orang-orang dengan tingkat kecintaan dan dedikasi yang lebih tinggi terhadap kemanusiaan ketimbang orang-orang kebanyakan.

Kirim artikel ini:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someoneShare on RedditShare on StumbleUpon

Tulisan lain yang mungkin terkait:

Discussion

One comment for “Akhir Pekan adalah Waktu Favorit Malaikat Maut!”

  1. bagus ,bagus sekali saya suka . tapi sebelum itu saya mau bertanya apakah malaikat lucyver termasuk jahat .dan apakah gambar tadi itu adalah malaikat izrail.tetapi saya tidak sepenuhnya yakin kalau ada malaikat pencabut nyawa

    Posted by jovanka laura kaya | 21 September 2011, 4:33 pm

Komentari

Arsip Bulanan

Rekomendasi

buku_rothbard.jpg
Apa Yang Dilakukan Pemerintah Terhadap Uang Kita?; Oleh: Murray Newton Rothbard; PT. Granit, Yayasan Obor Indonesia; ISBN : 97897916217 -4-8; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Intip cuplikannya).
alt text
Membela Kapitalisme Global; Oleh: Johan Norberg; FNS Jakarta; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Baca resensinya di sini).
Economic  Activism Blogs - Blog Catalog Blog Directory
%d bloggers like this: