Asides

Lanturan ttg. Probabilitas

Dari ketiga kesebelasan sepakbola yang saya jagokan–Ceko, Portugal, Belanda, semuanya sudah keok semua, dan sumpede saat ini saya tidak kepingin menulis ini.  Pada detik ini yang justru terlintas adalah sesuatu tentang peramalan.  Dari perspektif tertentu, sepak bola adalah versi mini kehidupan, di mana sejumlah variabel penting dipastikan dan peraturannya sudah ditetapkan, termasuk mana perilaku yang diperbolehkan dan  mana yang dilarang.  Siapa mengira Belanda akan kalah dari Rusia?  Di sisi lain, kita cenderung yakin bahkan mendekati 100%  bahwa seandainya kesebelasan Belanda melawan PSSI, PSSI berpeluang besar kalah–meski mustahil dipastikan skornya.  Peramalan selalu melibatkan misteri. Maksud saya, kapankah probabilitas akan cenderung mengecil dan kapan akan membesar?  Kapankah agregasi dapat meningkatkan probabilitas akurasi peramalan, dan kapan sebaliknya? “Persoalan” dengan probabilitas dan peramalan adalah daya tariknya yang besar, dan fakta bahwa pasar menjanjikan hadiah yang besar bagi siapa yang mampu melakukannya dengan baik.

Kirim artikel ini:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someoneShare on RedditShare on StumbleUpon

Tulisan lain yang mungkin terkait:

Discussion

No comments for “Lanturan ttg. Probabilitas”

Komentari

Arsip Bulanan

Rekomendasi

buku_rothbard.jpg
Apa Yang Dilakukan Pemerintah Terhadap Uang Kita?; Oleh: Murray Newton Rothbard; PT. Granit, Yayasan Obor Indonesia; ISBN : 97897916217 -4-8; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Intip cuplikannya).
alt text
Membela Kapitalisme Global; Oleh: Johan Norberg; FNS Jakarta; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Baca resensinya di sini).
Economic  Activism Blogs - Blog Catalog Blog Directory