Featured

Survei A&K: Apakah akibat dari kenyataan bahwa kini hampir semua orang sudah memiliki ponsel dan/atau motor bebeknya masing-masing?

Halo, apa kabar? Semoga hari ini Anda berada dalam kondisi sehat atau jauh lebih sehat dari sebelumnya.

Melalui artikel ini, untuk pertama kalinya Akal & Kehendak bermaksud melakukan survei kecil, atau tepatnya brainstorming, tentang akibat/manfaat penggunaan ponsel (telepon seluler; handphone) dan kepemilikan sepeda motor.  Survei kecil ini direncanakan berlangsung hingga akhir Agustus 2008.

Seperti telah umum kita ketahui, beberapa tahun lalu masih banyak orang masih menolak memiliki ponsel; sekarang, tidak sedikit yang bahkan memiliki lebih dari dua ponsel sekaligus!

Demikian juga dengan kepemilikan kendaraan motor.  Dalam dasawarsa lalu, pemilik sepeda motor (khususnya motor bebek) belum sebanyak saat ini. Kepemilikan kendaraan ini juga tidak semudah sekarang.

Akal & Kehendak ingin melemparkan 2 pertanyaan singkat sehubungan dengan telah menjamurnya pemilikan dan penggunaan kedua alat tersebut.  Mohon kesediaan Anda untuk berpartisipasi.

Dua pertanyaannya adalah seperti di bawah ini.  Anda bebas menentukan ingin menjawab pertanyaan yang mana.  Anda dapat menjawab yang pertama atau kedua, atau keduanya.  Untuk tujuan survei ini, mohon tidak usah pedulikan apakah akibat(-akibat) tersebut baik atau buruk.  Positif atau negatif, benar-benar tidak masalah.

Pertanyaan #1:

Menurut Anda, apakah akibat atau efek dari kenyataan bahwa hampir semua orang kini memiliki telepon selulernya masing-masing?

Pertanyaan #2:

Menurut Anda, apakah akibat atau efek dari kenyataan bahwa semakin banyak orang di Indonesia memiliki kendaraan bermotornya masing-masing?

Jawaban-jawaban dari kedua pertanyaan di atas akan memberi kita tilikan-tilikan penting yang kami yakini akan sangat bermanfaat untuk berbagai tujuan, baik ilmiah maupun tujuan praktis.

Berdasarkan jawaban-jawaban yang masuk kelak, redaksi Akal & Kehendak akan menurunkan artikel yang mencoba merekap, mengklasifikasikan dan mengulasnya dengan sebaik mungkin.  Ya, rencana ini memang bergantung sebagian pada kesediaan Saudara.

Demikianlah; partisipasi Anda amat kami nantikan (please, please…).  Untuk itu, tidak lupa kami haturkan banyak terima kasih.

Salam,

(Redaksi)

Kirim artikel ini:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someoneShare on RedditShare on StumbleUpon

Tulisan lain yang mungkin terkait:

Discussion

7 comments for “Survei A&K: Apakah akibat dari kenyataan bahwa kini hampir semua orang sudah memiliki ponsel dan/atau motor bebeknya masing-masing?”

  1. Wah kebetulan, tadi siang saya juga diskusi masalah ini dengan teman akrab saya.

    Tapi ngomong2…jawabnya lewat apa ya? hups!

    Posted by Giy | 19 August 2008, 6:52 am
  2. Motor

    Kepemilikan motor di kota besar adalah reaksi dari buruknya transportasi umum (bus yang suka ngetem, jalannya kadang pelan kadang ngebut dan mengusir penumpang seenaknya).

    Dampaknya….., jalan raya semakin liar.

    Ponsel,

    Penggunaan fixed line semakin berkurang dan bisa-bisa fixed line menjadi obsolete.

    Posted by imam semar | 19 August 2008, 6:52 pm
  3. Ponsel:

    kalo semua orang punya telepon seluler, yang jelas memudahkan komunikasi…, karena mudah berkomunikasi kegiatan manusia cenderung efesien…

    terlepas permasalahan budaya "boros" ataupun "cultural shock", itu masalah individu masing2…

    Motor:

    Terlepas kesemrawutan sistem transportasi kita. Motor telah banyak membantu saya ketika tiap hari harus cari barang dagangan. Atau mempermudah saya ketika dulu pernah jadi sales,ha2…

    barangkali itu….

    Posted by Giy | 20 August 2008, 11:14 am
  4. Banyaknya Motor

    Jalan makin macet. Kualitas udara makin parah. Berkurangnya pejalan kaki, beserta fasilitasnya. Tukang ojek gak laku? Hehe..

    Semua Punya HP

    Orang makin individual, sekaligus makin sosial, tetapi sangat terbatas. Spam makin merajalela, tetapi makna semakin susut. IT-based businesses makin maju.  Orang makin malas.

    Keduanya bikin rakyat makin konsumtif, lumayan buat pertumbuhan ekonomi.

    Posted by gentole | 21 August 2008, 1:53 am
  5. Yang saya rasakan dan saksikan akibat luar biasa dari kedua fenomena tersebut adalah terjadinya kontraksi luar biasa, baik secara fisik maupun mental, atas tiga hal sbb.:

    waktu

    jarak

    lokasi.

    Posted by Nad | 22 August 2008, 4:09 pm
  6. klo hmpr smua org pny maka perusahaan2 yg bergerak di bidang produksi hp dan motor sudah saatnya mengalami bust.

    Posted by muhamad sudarmono | 24 November 2008, 8:36 pm
  7. hp

    merupakan kemajuan negeri kita.dmn alat yang sebelumnya merupakan barang mewah sekarang tidak lagi….berdampak pada perkembangan manusia….

    motor

    ini juga merupakan kemajuan.namun sisi lain para pengemudi bus akan kekurangan setoranya….

    Posted by adi | 16 December 2009, 1:10 am

Komentari

Arsip Bulanan

Rekomendasi

buku_rothbard.jpg
Apa Yang Dilakukan Pemerintah Terhadap Uang Kita?; Oleh: Murray Newton Rothbard; PT. Granit, Yayasan Obor Indonesia; ISBN : 97897916217 -4-8; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Intip cuplikannya).
alt text
Membela Kapitalisme Global; Oleh: Johan Norberg; FNS Jakarta; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Baca resensinya di sini).
Economic  Activism Blogs - Blog Catalog Blog Directory
%d bloggers like this: