Asides

Nobel ekonomi 2008 buat Krugman

Paul Krugman dapat hadiah Nobel 2008 untuk bidang ekonomi! Dua artikel di Kompas pagi ini memperkenalkan siapa dia dan mengapa dia layak dapat Nobel.  Di satu artikel dikatakan, ia berhasil menggugurkan teori comparative advantage Ricardo! Argumennya, teknologi kini sudah memungkinkan setiap bangsa memproduksi barang serupa.   Sedikit tambahan saya: Krugman mengadvokasikan agar industri-industri tertentu disubsidi pemerintah.  Neo-merkantilisme alasan cukup untuk berduka.

(Jurnal Kebebasan: Akal dan Kehendak; Volume II, Edisi no. 51, Tanggal 13 Oktober 2008; Rubrik: Catatan Bawah)

Kirim artikel ini:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someoneShare on RedditShare on StumbleUpon

Tulisan lain yang mungkin terkait:

Discussion

One comment for “Nobel ekonomi 2008 buat Krugman”

  1. Dengan kata lain Krugman berharap agar negara-negara memproduksi barangnya sendiri. Seingat saya, dulu muncul istilah Cluster Industri  dalam kajian Ekonomi Geografi/Ekonomi Regional. Yang dilupakan Krugman adalah, sebuah Pabrik membutuhkan sumber energi minyak yang hanya di dapat di dearah patahan dan lipatan, atau setidaknya ‘karyawan sepatu Nike’ di Indonesia sangat doyan sekali makan beras—bukannya Mcdonald. Atau Seorang Boz asal minang yg tinggal di Jakarta bisa jadi sangat kesemsem dengan beras dari Solok.
    Apa yang tidak dipercayai Krugman—kalau benar-benar dia mampu mematahkan hukum Ricardian—adalah bahwa keunikan geografi tidak hanya dapat dianilis berdasarkan karakteristik Industrinya. Melainkan lebih luas dari itu, yaitu kondisi tanah, iklim dan budaya yang beraneka ragam.

    Salam

    Posted by Giyanto | 14 October 2008, 1:34 pm

Komentari

Arsip Bulanan

Rekomendasi

buku_rothbard.jpg
Apa Yang Dilakukan Pemerintah Terhadap Uang Kita?; Oleh: Murray Newton Rothbard; PT. Granit, Yayasan Obor Indonesia; ISBN : 97897916217 -4-8; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Intip cuplikannya).
alt text
Membela Kapitalisme Global; Oleh: Johan Norberg; FNS Jakarta; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Baca resensinya di sini).
Economic  Activism Blogs - Blog Catalog Blog Directory
%d bloggers like this: