Asides

UU 13 Tahun 2003 vs. B.600/MEN/Sj-Hk/VIII/2005

Kelihatannya sebentar lagi saya akan jadi korban implementasi Surat Edaran Fahmi Idris Nomor B.600/MEN/Sj-Hk/VIII/2005, yang pada efeknya menganulir Undang-Undang Tenaga Kerja no. 13 Tahun 2003, terutama pasal 156. Surat edaran tersebut berperihal: uang penggantian perumahan serta pengobatan dan perawatan, tetapi menganulir hak pekerja yang mengundurkan diri secara sukarela dan baik-baik dari tempatnya bekerja.

Surat menteri ini bukan Kepmen atau Permen.  Dia cuma selembar edaran buat para Gubernur, tapi mengandung keajaiban 2 (dua) x (kali) lipat: pertama produk yang secara hukum jauhu lebih rendah ini telah dipakai untuk meniadakan atau mengalahkan substansi tentang hak dan kewajiban di dalam pasal 156 dalam Undang-Undang tersebut; kedua, dengan kata lain surat tersebut menganjurkan karyawan agar sebaiknya berperilaku sedemikian rupa agar dipecat majikannya, alih-alih mengundurkan diri, dan barulah pasal 156 tentang (perhitungan pesangon) berlaku. Fantastikus!

Kirim artikel ini:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someoneShare on RedditShare on StumbleUpon

Tulisan lain yang mungkin terkait:

Discussion

2 comments for “UU 13 Tahun 2003 vs. B.600/MEN/Sj-Hk/VIII/2005”

  1. Malam, Pak.
    Saya agen Asuransi biasa, yang kebetulan juga mempelajari UU no 13 terutama pasal 156. menarik membaca posting bapak tentang B.600/MEN/Sj-Hk/VIII/2005.

    Bisa bapak referensikan isi dari surat edaran itu, alamat/situs/mungkin di web bapak ini sendiri? Ini untuk kepentingan saya menjelaskan jika suatu saat ada klien saya yang membutuhkan jawaban atas beberapa pertanyaan yang (sayangnya) pada umumnya perusahaan-perusahaan Asuransi tidak ‘memiliki’ (mau memberikan) jawabannya jika dikaitkan dengan target penjualan. 🙁

    Maaf, saya sungguh-sungguh awam. Trims for attention.

    Regards,
    Firsty Ren

    Posted by firsty | 7 December 2009, 7:30 pm
  2. Saat ini saya sebagai karyawan PKWT. Jika saya mengundurkan diri, apakah ada aturan yg mengatur jangka waktu sejak mengajukan pengunduran diri sampai kita benar-benar tidak bekerja lagi. Bolehkah saya langsung berhenti kerja sesaat sesudah mengajukan surat pengunduran diri? Mohon advicenya

    Posted by Harapan | 27 April 2012, 4:34 pm

Komentari

Arsip Bulanan

Rekomendasi

buku_rothbard.jpg
Apa Yang Dilakukan Pemerintah Terhadap Uang Kita?; Oleh: Murray Newton Rothbard; PT. Granit, Yayasan Obor Indonesia; ISBN : 97897916217 -4-8; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Intip cuplikannya).
alt text
Membela Kapitalisme Global; Oleh: Johan Norberg; FNS Jakarta; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Baca resensinya di sini).
Economic  Activism Blogs - Blog Catalog Blog Directory