Uncategorized

François-Marie Arouet dan Kita

“Those who can make you believe absurdities, can make you commit atrocities.”

Penulis, satiris, sejarawan dan filsuf asal Perancis abad Pencerahan, François-Marie Arouet dikenal sebagai pemikir yang kritis, kritikus yang vokal, serta ‘vokalis’ yang tajam, terutama terhadap kemapanan gereja Katolik di jamannya.  Ia juga pendukung-gigih kebebasan beragama, kebebasan berpendapat, dan pemisahan antara agama dan negara.  Kepiawaian dan kesuburannya sekalu penulis, tak berbantah.  Arouet menulis dalam hampir semua genre yang ada di jamannya: drama, puisi, novel hingga esei, maupun tulisan kontemporer-populer dan karya ilmiah termasuk sejarah dan filosifi.  Ia menulis lebih dari 20 ribu surat dan 2 ribu karya lain dalam bentuk buku serta pamflet. Arouet lebih kondang lagi lewat nama-penanya: Voltaire.

Voltaire Incident

Syahdan, Voltaire memenuhi undangan seorang bangsawan untuk acara jamuan, di mana kemudian terjadi perselisihan. Akibat kalah berdebat, sang bangsawan mengusir Voltaire dan memerintahkan anak-anak buahnya untuk memberinya “pelajaran.”  Lukisan di atas merekonstruksi momen ketika Voltaire, yang geram akibat penganiayaan terhadap dirinya, muncul kembali untuk membuat perhitungan.

Lewat tulisan singkat pembuka ini, mari kita berkenalan dengan satu kutipan Voltaire di atas: “Those who  can make you believe absurdities can make you commit atrocities.”  Mereka yang dapat membuatmu percaya pada hal-hal absurd, pada dasarnya akan mampu pula menggiringmu untuk melakukan tindakan-tindakan keji.

Siapakah yang dimaksud dengan “mereka” di sini? Absurditas macam apa pula yang dimaksud Voltaire? Kekejaman atau kekejian seperti apa?  Apakah Voltaire sedang mengacu pada mereka para distributor atau pengecer doktrin-doktrin absurd agamis/sekuler? Apa absurditas di sini termasuk hal yang (konon) gaib, hal galib, atau dan hal-hal lainnya yang tak-selesai atau dibuat tak-kunjung-selesai?

Lebih dari itu, tidakkah sentilan Voltaire di atas relevan bagi kita di negeri dan jaman ini?

Kirim artikel ini:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someoneShare on RedditShare on StumbleUpon

Tulisan lain yang mungkin terkait:

Discussion

No comments for “François-Marie Arouet dan Kita”

Komentari

Arsip Bulanan

Rekomendasi

buku_rothbard.jpg
Apa Yang Dilakukan Pemerintah Terhadap Uang Kita?; Oleh: Murray Newton Rothbard; PT. Granit, Yayasan Obor Indonesia; ISBN : 97897916217 -4-8; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Intip cuplikannya).
alt text
Membela Kapitalisme Global; Oleh: Johan Norberg; FNS Jakarta; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Baca resensinya di sini).
Economic  Activism Blogs - Blog Catalog Blog Directory