Uncategorized

Austrian Economics

Oleh: Sukasah Syahdan
Jurnal Kebebasan: Akal dan Kehendak
Vol. I, Edisi 1, 11 Maret 2007

Austrian economics!

Buat sebagian besar dari kita, istilah tersebut mungkin terdengar asing dan agak terlalu eksklusif. Pada pandangan pertama, kita cenderung akan memadankannya menjadi Ekonomi Austria.
Padanan ini efisien, tetapi cenderung menyesatkan, atau paling tidak agak taksa (ambiguous). “Ekonomi Austria” dapat diinterpretasikan sebagai “ekonomi negara Austria” atau “ilmu ekonomi yang dipraktikkan di Austria,” padahal “Austrian economics” mengacu kepada disiplin ekonomi yang dikembangkan oleh sejumlah pemikir dan ekonom Austria, terutama oleh Carl Menger, Bohm Bawerk, dan Ludwig von Mises.

Atas pertimbangan di atas, maka di dalam Jurnal Akal & Kehendak ini kami menetapkan padanannya sebagai Ilmu Ekonomi Mazhab Austria, atau disingkat IEMA. Jika diterjemahkan-balik ke Inggris, hasilnya kira-kira menjadi: Economics of the Austrian School.

Sepengetahuan kami, hingga saat ini belum banyak akademisi atau cendekiawan Indonesia yang telah mengenal makhluk apa itu IEMA. Masih sedikit yang memahami perbedaan utama IEMA dari aliran ekonomi lain, atau ilmu ekonomi pada umumnya (mainstream economics). Ini kenyataan yang lumrah, meski tidak unik di Indonesia saja; sebab bahkan di Amerika sekalipun–sebagai kiblat perkembangan ilmu ekonomi di dunia saat ini, mazhab Austria merupakan minoritas dengan pusatnya di kota Alabama. Namun demikian, semakin hari semakin banyak orang yang tertarik mempelajarinya. Ini dibuktikan dengan semakin banyaknya minat orang dari seluruh penjuru dunia yang datang mengikuti Seminar tahunanannya di Mises University.

Dalam pandangan kami, IEMA lebih dari sekadar memberi pandangan alternatif yang dapat menjawab berbagai fenomena dan teka-teki seputar pandangan ekonomi yang selama ini membingungkan para pemikir dan ekonom dunia. Lebih dari itu, dan yang lebih penting lagi, menurut hemat kami IEMA berhasil mengembalikan paradigma ekonomi yang menyeluruh, berdasarkan landasan epistemologi yang mengakar kuat, dan mungkin sekali “benar”, kepada para pembacanya.

Dalam dua tahun terakhir, editor A@K telah dan masih terus mendalami pemikiran para ekonom dan pemikir Austria—terutama melalui artikel, buku, dan audio digital yang melimpah gratis dan dapat didownload dari The Ludwig von Mises Institute.

Mazhab Austria mengandung sejumlah besar pemikiran besar yang dilupakan dunia, tidak saja tentang teori atau sejarah ekonomi, melainkan juga politik. Para pemikir dan ekonom IEMA bahkan termasuk pencetus dan pengembang teori etika sebagai ilmu pengetahuan sosial tersendiri, yang terkait erat dengan pemikiran mereka terhadap ekonomi dan politik.

Salah satu tujuan utama penerbitan Jurnal Akal & Kehendak ini adalah untuk memperkenalkan pemikiran-pemikiran besar seputar cabang ilmu pengetahuan tersebut kepada pembaca budiman di Indonesia.

Kirim artikel ini:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someoneShare on RedditShare on StumbleUpon

Tulisan lain yang mungkin terkait:

Discussion

4 comments for “Austrian Economics”

  1. assalamualaikum wr wb

    perkenalkan saya Aser Oswara (25th).saya mengetahui blog ini melalui buku terjemahan (karya professor Rothbard)yang Bapak terbitkan.saya ada satu karya sederhana sebagai bukti kebenaran Ayat-Ayat Al-Quran sekaligus mungkin sebagai bukti objektif dari Mazhab Ekonomi yang Bapak dalami-dng menggunakan data2 ekonomi negara bersangkutan (dalam hal ini negara kapitalis USA dan inggris,karena emank mudah di dapat melalui internet).kalau Bapak tertarik bisa hubungi saya melalui email sigmun_freud@yahoo.com
    oh yaa.. kebetulan lagi dari buku terjemahan itu tertera bulan serta tahun lahirnya institut mises.org yaiut (oktober/1982)kalau emank benar berarti juga sama dengan bulan dan tahun kelahiran saya 🙂 mungkin sudah takdir tuhan ya pak saya diberi wangsit untuk membuktikan sebuah kebenaran menggunakan data2 statistik yang setahu saya bagi para professor ekonomi austria ingin dijauhi dalam menganalisis prilaku manusia.
    akhir kata saya teringat dengan kutipan seorang ekonom Indonesia Non pribumi dengan kutipannya “tidak ada yang baru di bawah matahari ini” dan saya bertambah yakin akan hal itu 🙂

    regards

    Posted by aser oswara | 31 May 2008, 8:55 am
  2. waalaikumsalam, wr. wb., mas aser. saya sudah kirim email dan sudah terima balasan anda. terima kasih atas info tersebut. mudah-mudahan segala kebetulan yang anda singgung di email membawa kebaikan. salam!

    Posted by Nad | 4 June 2008, 9:05 pm
  3. mas aser, bisa kah saya minta tolong kirim juga info tersebut. thanks before….. email ke laila_lupa@yahoo.com

    Posted by laila | 25 March 2009, 7:17 pm
  4. Maz,bs kirim ke email sy jg..Thx b4..devirenatha@yahoo.Co.Id

    Posted by Rere | 3 March 2010, 2:34 pm

Komentari

Arsip Bulanan

Rekomendasi

buku_rothbard.jpg
Apa Yang Dilakukan Pemerintah Terhadap Uang Kita?; Oleh: Murray Newton Rothbard; PT. Granit, Yayasan Obor Indonesia; ISBN : 97897916217 -4-8; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Intip cuplikannya).
alt text
Membela Kapitalisme Global; Oleh: Johan Norberg; FNS Jakarta; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Baca resensinya di sini).
Economic  Activism Blogs - Blog Catalog Blog Directory
%d bloggers like this: