// Tentang
kop_ak.jpg

 

 

Akaldankehendak.com

Boleh jadi ini tentang sesuatu yang langka, tak-ternilai dan mungkin juga “berbahaya”: kebebasan.

Akal & Kehendak, Jurnal Kebebasan dan Pembebasan:

  • Menyaji dan berbagi berbagai gagasan, konsep dan pemikiran tentang isu-isu penting dan genting–jika bukan yang terpenting dan tergenting: kebebasan individu.
  • Memperkenalkan (lagi) makna kebebasan, harkat dan supremasi individu, sambil merayakan capaian terbaik individu-individu bebas yang kritis dan bermoral.
  • Terbit on-line dua mingguan sekali sejak Maret 2007, Akaldankehendak.com mulai 25/02/08 lalu mencoba tertib hadir sebagai jurnal mingguan, mutakhir saban Senin, dengan ajang tukar-pikiran tanpa batas waktu tertentu.

Kebijakan

Penyuntingan: Artikel-artikel Jurnal melalui penyuntingan dan revisi tanpa mengubah inti dan maksud penulisan oleh penulisnya.  Namun, terlepas dari hasil kerja para penulis dan penyuntingnya, kesilapan dan kelengahan mungkin saja terjadi dan akan diperbaiki seperlunya–dengan menyertakan notifikasi tertulis di artikel yang bersangkutan tentang revisi/pemutakhiran yang telah dilakukan.

Tautan (Links): Akaldankehendak.com tidak melakukan pertukaran tautan dan tidak mencantumkan tautan ke sumber tulisan lain, kecuali untuk tujuan referensi dalam penulisan artikel.

Diskusi/Tanggapan/Buku Tamu: Kolom diskusi dan komentar disediakan untuk umum di halaman depan.  Bebas, tanpa dimoderasi; tapi komentar yang mengandung lebih dari 1 tautan, menurut info dari WordPress.org, akan tersaring otomatis, jadi perlu intervensi manual dari pengelola.  Tanggapan/komentar pengunjung didamba, terutama di buku tamu di bagian Tab kanan atas halaman utama.

Kontribusi: Akaldankehendak.com menerima kontribusi berupa artikel yang relevan.  Tulisan yang diterima akan terbit dengan penghargaan berupa ucapan terima kasih kami dan pengakuan hak cipta.  Silakan kirim artikel berformat MS-Word (doc) ke redaksi melalui email.

Iklan: Akaldankehendak.com menerima iklan teksual, grafis atau kombinasi keduanya untuk pemasangan di kolom kanan atau tengah halaman muka. Logo atau gambar maksimal berukuran 250×250 pixel atau kurang.  Silakan hubungi redaksi melalui email.

Motto:

2. Veritas vos liberabit! Kebenaran membebaskan!

1. Ad Ignotum. Frase Latin “Ad Ignotum” terpatri di sebuah patung Prometheus. Konon, dalam mitologi Yunani kuno, ia dewa yang bersimpati kepada makhluk bernama manusia dan lalu memberinya rahasia api (simbol ilmu pengetahuan). Patung perunggu ini diberinama “Le Genie Humain” oleh penciptanya, E. Picault.

Dalam bahasa Indonesia, Ad Ignotum kurang-lebih berarti “Menentang Kebodohan” (against ignorance).

Kontributor

Sejak Juli 2008, Akaldankehendak.com mendapat dukungan moral-intelektual dua kontributor sbb.:

1) Giyanto, wirausahawan muda, alumni jurusan Geografi di Unnes, Semarang,  Jawa Tengah, aktivis dan penggiat di Komunitas Embun Pagi.  Email: giyantoATakaldankehendakDOTcom. [Update: sekarang dosen di Palembang.]

2) Imam Semar, pengamat dan praktisi pasar saham internasional; pengasuh situs Ekonomi Orang Waras dan Investasidan KlubSaham.com.  Email: imamsemarATakaldankehendakDOTcom.

Kontribusi Anda ditunggu.

Redaksi

Nad, alias Sukasah Syahdan, admin sekaligus pendiri dan penyunting Akaldankehendak.com, adalah penulis, penerjemah dan penyunting paruh-waktu.  Beberapa tulisannya terbit di sejumlah media cetak dan online.  Blog-blognya: Nad’s Notes, Once Upon a Web!og dan Tjipoetat Quill.  Email: nadATakaldankehendakDOTcom.

[Sejak Agustus 2013 Nad mengajar di sekolah bisnis dan ekonomi di BSD.

 

 

© 2007-2016, Akaldankehendak.com. Pemutakhiran: April 2016.

Kirim artikel ini:
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Email this to someoneShare on RedditShare on StumbleUpon

Arsip Bulanan

Rekomendasi

buku_rothbard.jpg
Apa Yang Dilakukan Pemerintah Terhadap Uang Kita?; Oleh: Murray Newton Rothbard; PT. Granit, Yayasan Obor Indonesia; ISBN : 97897916217 -4-8; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Intip cuplikannya).
alt text
Membela Kapitalisme Global; Oleh: Johan Norberg; FNS Jakarta; tersedia di toko-toko buku terdekat. (Baca resensinya di sini).
Economic  Activism Blogs - Blog Catalog Blog Directory